DANRAMIL 08/SCG KAPTEN INF. ASMAN RIADI TINJAU LOKASI TERDAMPARNYA PENGUNGSI ROHINGYA DI SEKITAR PERAIRAN WILAYAHNYA

Header Menu

DANRAMIL 08/SCG KAPTEN INF. ASMAN RIADI TINJAU LOKASI TERDAMPARNYA PENGUNGSI ROHINGYA DI SEKITAR PERAIRAN WILAYAHNYA

31 Des 2023


SECANGGANG,- Danramil 08/Scg Kapten Inf. Asman Riadi setelah mendapat laporan dari anggota Babinsa Koramil 08/Scg bahwa pada Minggu 31 Desember 2023 pagi sekira pukul 05.30 wib terdapat kapal pengangkut para pengungsi Rohingnya yang terdampar disekitar perairan Kwala Besar Kec. Secanggang Kab.Langkat segera melaporkan kepada Dandim 0203/Langkat Letkol Inf. M. Eko Prasetyo dan berkordinasi dengan jajaran Forkopinca Kecamatan Secanggang untuk meninjau dan mengecek langsung ke lokasi terdamparnya para pengungsi Rohingnya. Minggu (31/12)


Dengan menggunakan perahu sampan boat milik nelayan Danramil 08/Scg Kapten Inf Asman Riadi bersama Kapolsek Secanggang AkP Salija SH serta Camat yang diwakili Kasi Pem Kec Secanggang Adi Siswoyo serta beberapa anggota Koramil 08/Scg dan anggota Polsek Secanggang tiba dilokasi terdamparnya para pengungsi Rohingnya sekira pukul 11.00 wib tepatnya di Betung Camar Lampu Pusing Kuala Besar Desa Karang Gading Deli Kec Labuhan Deli Kab Deli Serdang Prov Sumatera Utara.


Danramil 08/Scg Kapten Inf Asman Riadi mengatakan sesuai data yang diperolehnya ada 147 orang pengungsi Rohingnya dari Bangladesh menggunakan kapal kayu 


"Sesuai laporan data yang kami terima pengungsi Rohingya yang terdampar terdiri dari 53 orang pria dewasa,39 orang wanita dewasa,25 orang anak laki laki dan 30 orang anak perempuan,mereka berlayar menggunakan kapal kayu dari Bangladesh pada tanggal 20 Desember yang lalu menuju Indonesia dan terdampar disini Sabtu malam pukul 19.00 wib karena mengalami kebocoran pada kapal yang ditumpanginya namun mereka tetap berada di tengah perairan  menunggu tengah malam utk mendarat" ujarnya.


Lebih lanjut Danramil 08/Scg Kapten Inf Asman Riadi menerangkan saat ini ada 5 orang pengungsi Rohingya yang mengalami sakit dan sudah mendapat penanganan pengobatan sementara oleh warga setempat.


Terpantau dilokasi sementara ini para pengungsi Rohingnya dikumpulkan di tepi pantai Desa Karang Gading Deli Kec Labuhan Deli Kab Deli Serdang dengan mendirikan tenda  sementara selanjutnya Danramil 08/Scg bersama Forkopinca Kec Secanggang mengadakan rapat terbatas guna mengantisipasi masuknya para pengungsi Rohingnya masuk ke wilayah  Desa Kwala Besar Kec Secanggang Kab Langkat serta memberdayakan aparat desa Kwala Besar agar temu cepat dan lapor cepat perihal perkembangan informasi terkait para pengungsi Rohingnya.(Andi)